Fadel Muhammad: Bangkitkan Perekonomian Pasca-Pandemi Dengan Memperkuat Pertanian dan Perikanan

Fadel Muhammad: Bangkitkan Perekonomian Pasca-Pandemi Dengan Memperkuat Pertanian dan Perikanan
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad dalam Seminar Nasional Kebangsaan bertema 'Gorontalo dalam Kerangka Tantangan dan Solusi Mengatasi Masalah Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19', di Gorontalo, Selasa (17/11).  Foto Humas MPR.

jpnn.com, GORONTALO - Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengatakan pandemi Covid-19 lambat laun pasti akan mereda dan hilang di Indonesia, apalagi pemerintah saat ini sedang gencar mempersiapkan vaksin. 

Menurut Fadel, selain masalah kesehatan maka yang perlu diperhatikan saat Covid-19 usai adalah membangkitkan perekonomian nasional yang sempat terpuruk pandemi.

Karena itu, Fadel mengatakan mulai dari sekarang Bangsa Indonesia perlu melakukan berbagai persiapan yang tepat dan strategis agar perekonomian seperti dulu sebelum ada pandemi. 

Salah satu kuncinya adalah bangsa ini harus kembali kepada 'basic economy' Indonesia yakni pertanian dan perikanan. 

Sebab, Fadel meyakini bila dua hal ini tumbuh maka daya beli masyarakat akan makin meningkat dan roda perekonomian kembali berjalan.

Namun, mantan Gubernur Gorontalo yang menjabat dua periode ini mengungkapkan bahwa semua itu akan berjalan baik jika pemerintah daerah memberikan dukungan.

Antara lain dengan membantu pemasaran karena tidak semua petani dan nelayan memiliki pengetahuan dan akses penjualan yang memadai.

"Pemerintah daerah mesti memiliki tanggung jawab yang besar soal itu. Edukasi dan bantu mereka dengan sungguh-sungguh, bangun juga infrastruktur yang baik untuk mempermudah jalur perekonomian rakyat," kata Fadel dalam acara Seminar Nasional Kebangsaan bertema 'Gorontalo dalam Kerangka Tantangan dan Solusi Mengatasi Masalah Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19' kerja sama MPR dengan Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo, di Ballroom Hotel Grand Q, Gorontalo, Selasa (17/11).  

Menurut Fadel, selain masalah kesehatan, yang perlu diperhatikan saat Covid-19 usai adalah membangkitkan perekonomian nasional. Kuncinya kembali kepada 'basic economy' Indonesia yakni pertanian dan perikanan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News