Fadel Muhammad Bicara Soal Pentingnya Ketahanan Pangan di Desa, Coba Simak Baik-Baik

Fadel Muhammad Bicara Soal Pentingnya Ketahanan Pangan di Desa, Coba Simak Baik-Baik
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat menjadi narasumber pada Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa 2023 Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo di Gedung BPSDM Provinsi Gorontalo, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Sabtu (8/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, BONE - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyebutkan salah satu indikator tercapainya kesejahteraan bangsa Indonesia adalah terwujudnya ketahanan dan kemandirian pangan di desa-desa sebagai ujung tombak pembangunan nasional.

Untuk itu, dia menyarankan agar seluruh elemen bangsa, terutama pemerintah daerah maupun pusat harus berupaya keras mendorong, mendukung hingga terwujudnya ketahanan dan kemandirian pangan di desa.

Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad saat menjadi narasumber pada Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa 2023 Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo di Gedung BPSDM Provinsi Gorontalo, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Sabtu (8/4).

Menurut mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu, dalam membangun ketahanan pangan desa perlu ada beberapa yang perlu diperhatikan.

Antara lain, orientasi desa harus pada peningkatan produksi (produktivitas yang tinggi dan berkesinambungan).

Selanjutnya, Dana Desa ditempatkan sebagai stimulan untuk mempercepat peningkatan status menjadi desa mandiri.

Kemudian manajemen desa harus modern, efektif dan berorientasi kerja, perlu terus belajar dan benchmaking, penggunaan teknologi yang sesuai dan pengembangan SDM atau masyarakat desa secara berkesinambungan.

"Ada satu hal lagi, yakni perlu adanya insentif yang bagus buat desa-desa yang berhasil mandiri," tegasnya.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad berbicara soal ketahanan pangan di desa sebagai ujung tombak pembangunan nasional di sebuah workshop, coba simak baik-baik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News