Fadel Muhammad Sebut Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Berbasis Data

Fadel Muhammad Sebut Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Berbasis Data
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendorong pemerintah pusat dan daerah bekerja sama dengan berbasis data. Foto: dokumentasi MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendorong Presiden Jokowi mengintensifkan kerja sama pemerintah pusat dan daerah untuk mengatasi tingginya inflasi.

Sinergi ini sebenarnya memiliki kerangka, yakni Keputusan Presiden Nomor 23 Tahun 2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi Nasional (TPIN). 

TPIN terdiri dari tim pengendalian inflasi pusat (TPIP), tim pengendalian inflasi daerah (TPID) provinsi, dan TPID kabupaten/kota. TPIP beranggotakan sejumlah menteri, Gubernur Bank Indonesia, hingga Kapolri.

Sementara itu, menurut Fadel, TPID beranggotakan gubernur, bupati, dan wali kota beserta jajaran terkait.

‘’Harapan Presiden agar sinergi TPIN ditingkatkan yang disampaikannya di depan 500-an perwakilan pemerintah daerah dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 pada 18 Agustus 2022,’’ ucapnya.

Tantangan yang dihadapi saat ini begitu urgen atau tidak normal sehingga dibutuhkan upaya untuk mengatasinya. 

Koordinasi di tim ini selama ini dianggap kurang terjalin dengan baik. Indikasi ini terlihat dari desakan Presiden agar jajaran pemerintah pusat dan daerah bekerja memperkuat kerja sama TPIP-TPID dengan melihat persoalan secara makro, mikro, dan detail dengan berbasis data.

Fadel mengungkapkan tantangan besarnya adalah dampak dari perang Rusia-Ukraina yang telah mendorong inflasi tinggi di sejumlah negara akibat terganggunya rantai pasok global.

Fadel Muhammad menyebutkan kerja sama pemerintah pusat dan daerah harus berbasis data

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News