Fahri Hamzah Resmikan Program Magang dari NTB ke Jepang

Fahri Hamzah Resmikan Program Magang dari NTB ke Jepang
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyematkan tanda kepada peserta seleksi magang NTB ke Jepang. Foto: Humas DPR

jpnn.com, LOMBOK - Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Fahri Hamzah meresmikan sekaligus menyambut positif acara seleksi peserta program magang ke Jepang, yang diikuti sekitar 500 anak muda NTB.

Bahkan, Fahri berkesempatan menyematkan tanda kepada peserta seleksi magang ke Jepang tersebut di Kompleks Kantor Gubernur NTB, Senin (12/11).

Saat menyampaikan sambutannya dalam acara yang juga dihadiri Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah, Direktur Bina Pemagangan Kemnaker, Asep Gunawan dan salah satu perusahaan di Jepang, Fahri yang juga Ketua Tim Pengawasan Pekerja Migran Indonesia (Timwas PMI) DPR RI berharap ada persiapan yang betul-betul matang dari pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov NTB.

"Ini adalah kesempatan emas, dan waktu yang sangat baik, maka harus ditangani dengan serius. Saya sudah melihat dengan mata kepala saya sendiri kemampuan yang bekerja di sana, senang karena mereka mengalami perubahan hidup. Tanya kepada alumni nanti," kata Fahri.

Kesempatan itu, Fahri Hamzah juga mengungkapkan hasil kunjungan kerjanya bersama sejumlah anggota DPR ke Jepang beberapa waktu lalu.

Ketika berkunjung ke Jepang, dia dan delegasi DPR melihat tempat pemagangan dan tempat pelatihan bagi calon tenaga kerja.

"Itu sangat luar biasa, kayak pesantren yang penuh dengan kedisiplinan. Saya sangat excited dan tertarik, apalagi kita baru menyelesaikan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017, yaitu UU Perlindungan Pekerja Migran Indonesia," sebutnya.

Dengan adanya UU PMI, tambah politikus dari PKS itu, maka istilah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) luar negeri, tidak akan dipakai lagi, tetapi diganti dengan istilah Pekerja Migran Indonesia.

Fahri Hamzah berkesempatan menyematkan tanda kepada peserta seleksi magang ke Jepang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News