Fantastis, Jumlah Bansos Kemensos ke Jatim Nyaris Rp 5 Triliun

Fantastis, Jumlah Bansos Kemensos ke Jatim Nyaris Rp 5 Triliun
Dirjen Limjamsos Kemensos, Harry Hikmat, bersama para penerima manfaat dan Bupati Jember, Faida. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - JEMBER - Jumlah bantuan sosial (bansos) yang telah digelontorkan pemerintah melalui Kementerian Sosial di provinsi Jawa Timur jumlahnya cukup wah. Sampai akhir tahun ini, totalnya telah mencapai Rp 4,83 triliun. 

Angka tersebut terbagi dalam  berbagai jenis bantuan sosial antara lain program keluarga harapan (PKH), Kube, Rutilahu, bansos sarana lingkungan, bansos lansia, kompensasi eks timor-timur, bansos disabilitas, bantuan kendaraan siaga bencana, dan program kesejahteraan sosial anak. 

Bansos yang memperoleh alokasi terbesar yakni beras sejahtera (Rastra) sebesar Rp3,73 trilun. Total penerima manfaat mencapai dengan sasaran sebanyak 2,85 juta keluarga.

Di urutan kedua ada program keluarga harapan (PKH) sebesar Rp1,03 triliun kepada 593.600 keluarga. Penyebaran bantuannya pun merata di seluruh kabupaten/kota.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat, berharap proses ini mempermudah transaksi.

"Mohon keberadaan e-warong ini bisa dijaga bersama. Meskipun warungnya kecil, tapi manfaatnya sangat besar untuk masyarakat," katanya dalam launching bantuan non tunai di Desa Sukojember Kecamatan Jelbuk, Jember, Minggu (13/11) sore.

Bantuan dengan cara non-tunai disalurkan melalui transaksi yang melibatkan bank Himbara atau bank milik pemerintah.

"Penyaluran non-tunai melibatkan perbankan akan mempermudah untuk mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan," tandasnya. (dkk/jpnn)

JEMBER - Jumlah bantuan sosial (bansos) yang telah digelontorkan pemerintah melalui Kementerian Sosial di provinsi Jawa Timur jumlahnya cukup wah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News