Selasa, 26 Maret 2019 – 09:48 WIB

Fasilitas Nuklir Korut Aktif Lagi, Bagaimana Reaksi Trump?

Minggu, 10 Maret 2019 – 02:13 WIB
Fasilitas Nuklir Korut Aktif Lagi, Bagaimana Reaksi Trump? - JPNN.COM

jpnn.com, WASHINGTON - "Saya sedikit kecewa." Pernyataan itu dilontarkan Presiden AS Donald Trump Kamis (7/3) saat ditanya tentang fasilitas uji coba rudal Korea Utara (Korut) yang kembali aktif.

Meski begitu, pemilik Trump Tower tersebut belum yakin sepenuhnya bahwa Pyongyang melanggar janji. "Kita lihat saja apa yang terjadi nanti," ujar presiden ke-45 AS itu, sebagaimana dikutip The Telegraph.

Berdasar paparan Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan (Korsel), fasilitas penelitian dan pembuatan misil balistik interkontinental (ICBM) di Sanumdong, Pyongyang, Korut, kembali aktif.

Kendaraan besar lalu-lalang di tempat produksi ICBM Hwasong-15 yang bisa menjangkau AS itu. Hal serupa terlihat di fasilitas peluncuran satelit jarak jauh yang terletak di Sohae.

Pada hari yang sama, Korsel juga mendeteksi gempa berkekuatan 2,1 SR di area pertambangan Pyongyang. Tidak diketahui apakah itu murni penambangan atau uji coba bahan peledak.

Beberapa pakar menilai tindakan Korut hanyalah ungkapan kekecewaan karena pertemuan Kim Jong-un dengan Trump di Hanoi, Vietnam, tak membuahkan hasil. (sha/c18/dos)

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar