Fatayat NU Kembangkan Potensi Perempuan Lewat Olahraga

Fatayat NU Kembangkan Potensi Perempuan Lewat Olahraga
Pekan Olahraga Perempuan yang secara resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga, Sabtu (5/5). Foto: kemenpora

jpnn.com, SEMARANG - Organisasi perempuan Fatayat NU yang biasanya bekerja pada isu advokasi perempuan dan anak menggelar sebuah kegiatan hal yang baru.

Kegiatan tersebut adalah bergerak di bidang olahraga yakni Pekan Olahraga Perempuan yang secara resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga, Sabtu (5/5). Hadir pula pembina Fatayat NU Ida Fauziyah, Pimpinan Organisasi Perempuan dan diikuti oleh sekitar 1.000 hadirin yang memenuhi tribun.

Bertempat di GOR Sahabat Semarang, acara pembukaan ini dimeriahkan dengan pagelaran budaya. Selain itu, sebanyak 16 kontingen yang siap bertanding dalam event ini turut memeriahkan acara pembukaan siang tadi.

Pekan Olahraga Perempuan (POP) adalah ide dari Fatayat yang selama ini mengamati peran perempuan di bidang olahraga terbilang minim. Contohnya, jumlah atlet profesional yang kita miliki jelas terlihat perbedaan porsi dan perannya.

"Kita mencoba mengajak perempuan Indonesia untuk lebih familiar dengan dunia olahraga. Kalau selama ini olahraga identik dengan lelaki menurut saya itu wajar karena perempuan gak banyak terlibat disana" tutur Anggia, Ketua Umum PP Fatayat NU.

Menurutnya, event pekan olahraga perempuan ini adalah yang pertama kali digelar di Indonesia. Dengan peserta yang murni masyarakat biasa bukan atlet profesional. Semua pesertanya adalah pengurus aktif dari organisasi perempuan.

"Tujuan kita adalah membudayakan olahraga, menjadikan olahraga sebagai life style jadi bukan untuk mencetak atlet profesional" tambahnya.

Gelaran pekan olahraga perempuan di Semarang ini adalah region pertama. Akan disusul kemudian pada bulan Juli di Jabodetabek dan di Jawa Timur pada Agustus. Terakhir adalah grand final nasional bertempat di Jakarta.

Organisasi perempuan Fatayat NU yang biasanya bekerja pada isu advokasi perempuan dan anak menggelar sebuah kegiatan hal yang baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News