Ferry Juliantono Minta Pemerintah Beri Stimulus kepada Pedagang Pasar

Ferry Juliantono Minta Pemerintah Beri Stimulus kepada Pedagang Pasar
Ketua Umum Dewan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPP APPSI) Ferry Juliantono. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPP APPSI) Ferry Juliantono meminta pemerintah memberikan stimulus, subsidi, serta bantuan lain yang diperlukan para pedagang pasar di Tanah Air.

Pemberian bantuan bagi pedagang sangat penting karena terdampak langsung kasus penyebaran virus corona (COVID-19). Demikian juga dengan para petani, peternak, nelayan, maupun komponen UMKM beserta jaringan koperasi rakyat lain, perlu mendapat bantuan. Paling tidak untuk meningkatkan suplai dan mengantisipasi terganggunya kehidupan ekonomi rakyat secara umum.

"Pola bantuannya harus mengena dan bersifat langsung, bukan dengan jalan impor. Karena pada saat ini, negara produsen pun terkendala kebijakan di dalam negerinya oleh sebab virus corona serta tingginya nilai dolar AS terhadap rupiah," ujar Ferry di Jakarta, Rabu (25/3).

Menurut Ketua Umum DPP Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) ini, jumlah pedagang pasar di Indonesia berkisar 12.600.000 orang lebih.

Jumlah tersebut sangat besar sebagai sebuah jaringan distribusi yang dahsyat, sekaligus efektif untuk melakukan stabilisasi kebutuhan bahan pokok, demi terjadinya penguatan produksi nasional. Karena para pedagang pasar merupakan akses pasar langsung bagi para pelaku usaha di UMKM, termasuk untuk kelompok petani dan nelayan.

APPSI kemudian meminta pemerintah memberikan stimulus khusus kepada pedagang pasar melalui koperasi untuk pengadaan barang pokok penting, guna didistribusikan kepada pedagang pasar di seluruh Indonesia.

"Diperlukan dana stimulus yang sumber alokasinya berasal dari KUR (kredit usaha rakyat). Metode penyalurannya melalui Koperasi Pedagang Pasar (KOPPAS), dengan melakukan seleksi kepada pedagang yang kompeten," ucapnya.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini  menegaskan, para pedagang pasar merupakan garda terdepan jalur distribusi. Karena itu harus terlindungi dari ancaman bahaya virus covid-19.

Ketua Umum DPP APPSI Ferry Juliantono meminta pemerintah memberikan stimulus, subsidi, serta bantuan lain yang diperlukan para pedagang pasar di Tanah Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News