Festival Kampung Johar Baru Jadi Pilot Project di Jakarta Pusat

Ajang Ekspresi untuk Cegah Tawuran

Festival Kampung Johar Baru Jadi Pilot Project di Jakarta Pusat
Festival Kampung Johar Baru Jadi Pilot Project di Jakarta Pusat

jpnn.com - JAKARTA PUSAT - Acara festival Kampung Johar Baru yang digelar Minggu (17/11) berlangsung meriah. Arak-arakan para peserta memenuhi sepanjang jalan di depan Kantor Kecamatan Johar Baru. Meski gerimis dan berlangsung di jalanan yang sempit, antusiasme warga tidak berkurang. Penonton memadati lokasi.

Fitri, 16, siswi salah satu SMA di Johar Baru, mengatakan bahwa acara festival budaya Kampung Johar Baru seharusnya dijadikan event tahunan. Sebab, kegiatan yang baru kali pertama digelar itu menjadi ruang berekspresi bagi anak-anak muda di wilayah Johar Baru.

"Kalau bisa, jangan hanya kali ini. Kan seneng kalau ada festival begini di lain waktu," katanya setelah mengikuti pawai.

Menurut dia, acara itu mirip dengan ajang muda-mudi yang diadakan Pemprov DKI beberapa bulan lalu. Mayoritas peserta yang mengisi festival kampung itu adalah anak-anak seusianya. "Daripada nongkrong nggak karuan, kan mending ada kegiatan begini. Semua anak muda ikut terlibat," ujarnya.

Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah yang kemarin ikut dalam komunitas sepeda mengatakan bahwa festival budaya Kampung Johar Baru memang difokuskan untuk menyalurkan bakat anak-anak muda. "Ini memang sarana ekspresi mereka," tuturnya.

Dia memastikan bahwa acara tersebut akan dijadikan agenda tahunan di Kampung Johar Baru. Bahkan, lanjut dia, event itu bakal menjadi pilot project di wilayah Jakarta Pusat. "Setelah ini, kita pikirkan supaya bisa diadakan di tempat lain," ucapnya.

Sementara itu, Camat Johar Baru Masroni amat mengapresiasi antusiasme warga yang mengikut festival. Dia berharap kegiatan tersebut mampu mengurangi kebiasaan tawuran di kalangan anak muda Johar Baru. Biasanya, kata dia, persoalan sepele bisa memicu tawuran yang meluas hingga melibatkan para orang tua. (bad/oni/dwi)

JAKARTA PUSAT - Acara festival Kampung Johar Baru yang digelar Minggu (17/11) berlangsung meriah. Arak-arakan para peserta memenuhi sepanjang jalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News