Festival Rawat Jagat #2, Nikmati Keindahan Alam dan Kebudayaan di Pacitan

Festival Rawat Jagat #2, Nikmati Keindahan Alam dan Kebudayaan di Pacitan
Rawat Jagat #2 dikemas dalam bentuk festival sebagai sebuah peristiwa kebudayaan, yang tidak saja untuk menggerakan ekosistem kebudayaan di Pacitan. Foto dok. Konsorsium Kangen Pacitan

jpnn.com, PACITAN - Konsorsium Kangen Pacitan didukung Pemerintah Kabupaten Pacitan, dan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggelar Festival Rawat Jagat #2 pada 29 Juli 2023 mendatang dengan tema "Nature & Environment".

Konsorsium Kangen Pacitan Abdilah Yusuf mengatakan Rawat Jagat #2 ini berangkat dari tradisi masyarakat di Pacitan merayakan syukur kepada Tuhan.

"Ini sekaligus sebagai pengingat bagi semua penghuni semesta ini untuk merawat dan menjaga keseimbangan alam," ujar Abdilah Yusuf dalam keterangannya, Rabu (26/7).

Rawat Jagat #2 dikemas dalam bentuk festival sebagai sebuah peristiwa kebudayaan, yang tidak saja untuk menggerakan ekosistem kebudayaan di Pacitan.

Ini juga sebagai cara kreatif masyarakat Pacitan menggabungkan tradisi dengan seni pertunjukan kekinian yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat.

"Ini termasuk para traveler dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pacitan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan bahwa Pacitan memiliki sejumlah potensi kebudayaan, juga potensi alam yang indah.

Namun, sebagaimana daerah pesisir selatan laut Jawa lainnya, Pacitan juga berhadapan dengan berbagai potensi bencana alam berupa gempa, tsunami, banjir, dan lainnya.

Festival Rawat Jagat #2 dikemas dalam bentuk festival sebagai sebuah peristiwa kebudayaan, yang tidak saja untuk menggerakan ekosistem kebudayaan di Pacitan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News