Festival Seribu Rumah Gadang Tour de Singkarak 2017

Festival Seribu Rumah Gadang Tour de Singkarak 2017
Tour de Singkarak di Sumatera Barat. Foto: www.tourdesingkarak.id

jpnn.com, SOLOK SELATAN - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar), bertekad memanjakan tamu undangan, wisatawan, dan peserta Tour de Singkarak (TdS) 2017.

Selain menyiapkan hal-hal teknis serta sarana dan prasarana pendukung, Pemkab Solsel juga akan menggelar Festival Seribu Rumah Gadang di kawasan Seribu Rumah Gadang, 19-21 November mendatang.

Pemilihan kawasan Seribu Rumah Gadang sebagai lokasi festival tak lepas dari statusnya yang sudah menjadi destinasi unggulan Solsel.

Solsel sendiri akan menjadi tuan rumah etape kelima ajang balap sepeda internasional itu pada Rabu (22/11).

“Festival ini kami gelar dengan tema manjapuik nan tatingga, mangumpuan nan taserak, mangambang pusako lamo," kata Bupati Solsel Muzni Zakaria.

Muzni menambahkan, festival itu akan diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, arak-arakan prosesi adat, tari-tarian adat, dan pergelaran musik tradisional.

Selain itu, ada juga peragaan empat jenis pencak silat. Yakni silat luncua, harimau, langkah empat, dan pangiyan rajo bungsu.

 “Festival ini kami gelar juga bagian dari promosi agar adat dan budaya Solsel bisa dikenal di dalam dan luar negeri. Apalagi, keberadaan kawasan Seribu Rumah Gadang sekarang sudah mendunia,” jelas Muzni.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar), bertekad memanjakan tamu undangan, wisatawan, dan peserta Tour de Singkarak (TdS) 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News