Festival Tradisi Islam Nusantara: Erick Thohir: Kiprah NU Terbukti Nyata untuk Peradaban

Festival Tradisi Islam Nusantara: Erick Thohir: Kiprah NU Terbukti Nyata untuk Peradaban
Erick Thohir dalam Festival Tradisi Islam Nusantara. Foto: source for JPNN

jpnn.com - BANYUWANGI - Presiden Jokowi bersyukur dan mengapresiasi kelancaran Festival Tradisi Islam Nusantara yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1) malam.

Menteri BUMN yang juga Ketua Panitia Pengarah Peringatan Harlah Satu Abad NU Erick Thohir mengatakan, Festival Tradisi Islam Nusantara di Banyuwangi adalah salah satu rangkaian peringatan Satu Abad NU.

Total ada sembilan program utama yang terus digelar, di antaranya soal penguatan digitalisasi, pemberdayaan kaum perempuan, pekan olahraga, muktamar fikih peradaban, gerakan kemandirian NU, hingga beragam atraksi seni dan budaya.

“Ini membuktikan bahwa kiprah NU tidak hanya menyebarkan ajaran Islam, tetapi termasuk membangun peradaban dengan jalan kebudayaan. Kami berharap berbagai kegiatan ini bisa menjadi suluh bagi generasi penerus NU dan menjadi penuntun kemaslahatan rakyat Indonesia secara menyeluruh,” kata Erick.

Menteri kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 itu menuturkan Festival Tradisi Islam Nusantara memperkuat pemahaman tentang betapa Islam menjadi agama yang ramah bagi semuanya.

Adapun penunjukan Banyuwangi sebagai tuan rumah tak lepas dari akar histori Banyuwangi yang cukup kuat dalam tradisi NU.

“Penunjukan Banyuwangi menjadi tuan rumah karena memiliki aspek histori,” kata Erick.

Banyuwangi adalah tempat lahirnya selawat Badar yang menjadi ciri khas nahdiyin (warga NU). Selawat itu digubah almarhum KH. Ali Manshur, pada 1960-an di Banyuwangi.

Erick Thohir bilang Festival Tradisi Islam Nusantara memperkuat pemahaman bahwa Islam ramah untuk semua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News