FFI 2009 Dibuka Kirab Artis

'Ruma Maida' Borong 11 Nominasi

FFI 2009 Dibuka Kirab Artis
KIRAB - Aktor El Manik memegang Piala Citra ditemani Jajang C Noer (kiri) saat kirab artis-artis peserta FFI di Kota Batu, Malang, Minggu (6/12). Foto: Malang Post.
BATU - Lima film nasional terbaik masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2009. Lima film itu adalah Identitas, Jamila dan Sang Presiden, Mereka Bilang Saya Monyet, Perempuan Berkalung Sorban, dan Ruma Maida. Nominasi film terbaik itu diumumkan di areal parkir Museum Satwa, Kota Wisata Batu, Jawa Timur, kemarin. Film-film itu menyisihkan 42 film yang ikut serta dalam FFI 2009.

Ikut pula diumumkan lima nominasi pemeran utama pria terbaik, yakni Tio Pakusadewo (dalam film Identitas), Emir Mahiri (Garuda di Dadaku), Reza Rahardian (Emak Ingin Naik Haji), Vino G Bastian (Serigala Terakhir), dan Yama Carlos (Ruma Maida). Sedang nominasi pemeran utama wanita terbaik adalah Atiqah Hasiholan (Ruma Maida), Aty Kanser (Emak Ingin Naik Haji), Leony (Identitas), Revalina S Temat (Perempuan Berkalung Sorban), dan, Titi Sjuman (Mereka Bilang Saya Monyet).

Film Ruma Maida menjadi film cerita yang paling banyak masuk nominasi. Film yang disutradarai Teddy Soeriatmadja itu masuk dalam 11 nominasi dari total 13 nominasi. Selain masuk sebagai nominasi film terbaik, Ruma Maida masuk dalam nominasi penyutradaraan (Teddy Soeriatmadja), skenario cerita asli (Ayu Utami), tata sinematografi (Ical Tanjung), tata artistik (Indra Tamoron Musu), penyuntingan (Waluyo Ichwandiardono), tata suara (Shaft Daultsyah dan Khikmawan Santosa), tata musik (Bobby Surjadi dan Didit), pemeran utama pria (Yama Carlos), pemeran utama wanita (Atiqah Hasiholan), dan pemeran pendukung pria (Frans Tumbuan dan Verdi Solaeman).

Menurut Ketua Dewan Juri FFI 2009, Franki Raden, penilaian ke-42 film itu dilaksanakan mulai 11-20 November 2009 lalu, di Studio 4 Hollywood Kartika Chandra, Jakarta. "Seluruh nominasi ditetapkan di sini (Batu)," kata Franki. Menurut dia, total ada sembilan juri yang terlibat dalam penilaian semua film itu. Pengumuman pemenang FFI sendiri akan dilaksanakan di Jakarta pada 16 Desember mendatang.

BATU - Lima film nasional terbaik masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2009. Lima film itu adalah Identitas, Jamila dan Sang Presiden,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News