FGD NasDem Cari Jalan Keluar dari Ancaman Krisis Pangan Dunia

FGD NasDem Cari Jalan Keluar dari Ancaman Krisis Pangan Dunia
Suasana Focus Group Discussion (FGD) NasDem yang bertajuk "Perkembangan Ekonomi, Pangan dan Geopolitik Dunia" di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (8/6) Foto: dok DPP NasDem

jpnn.com, JAKARTA - Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP NasDem mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang bertajuk "Perkembangan Ekonomi, Pangan dan Geopolitik Dunia".

FGD berlangsung di Ballroom NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (8/6) itu menyoroti perkembangan ekonomi, pangan, dan geopolitik serta geostrategi dunia yang terjadi saat ini terhadap Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan Presiden Soekarno pernah menyeroti masalah ketahanan pangan saat peletakan batu pertama Fakultas Pertanian IPB.

"Perjalanan sejarah menunjukkan 70 tahun yang lalu saat peletakan batu pertama pendirian fakultas pertanian yang menjadi IPB saat ini Bung Karno mengingatkan persoalan pangan adalah persoalan hidup dan matinya suatu bangsa," kata Lestari Moerdijat dalam sambutan pembukanya.

Dia meminta semua pihak agar tidak sekadar berbicara dalam berjuang mewujudkan tantangan tetapi penting untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang tercermin dari adanya ketersediaan bahan pangan yang cukup dengan berbagai cara bagi masyarakat.

Dia juga menyebutkan jika berbicara ketahanan pangan, banyak sekali masalah yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan satu sama lain.

"Kita juga berbicara lahan pertanian produktif yang terus menyusut kemudian bagaimana berkurangnya jumlah tanah persawahan, alih fungsinya tanah persawahan dan masih banyak lagi hal-hal yang perlu menjadi perhatian kita semua," lanjutnya.

Lestari Moerdijat juga menjelaskan situasi geopolitik dunia tentu menjadi bagian tak terpisahkan dalam membahas ketahanan pangan.  

Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP NasDem mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang bertajuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News