Fidel Castro Tak Akan Muncul Depan Publik Lagi

Fidel Castro Tak Akan Muncul Depan Publik Lagi
Fidel Castro Tak Akan Muncul Depan Publik Lagi
CARACAS–Apakah Fidel Castro masih hidup atau meninggal, masih tetap misterius. Tapi, Presiden Venezuela Hugo Chavez, sahabat pemimpin Kuba itu, kemarin (12/1) memastikan kalau pria 82 tahun tersebut tak akan pernah lagi muncul di hadapan publik.

“Fidel yang selalu berseragam militer dan memeluk hangat siapa saja yang ditemuinya ketika berjalan-jalan malam hari, tak akan pernah kembali lagi. Semua itu hanya tinggal kenangan,” kata Chavez dalam sebuah wawancara televisi dan radio di Caracas, Venezuela, seperti dikutip Associated Press.  

Chavez tak secara eksplisit menjelaskan kondisi kesehatan terkini Castro. Atau, alasan mengapa dia berkeyakinan kalau pemimpin anti-Amerika Serikat itu tak akan pernah lagi muncul di hadapan publik.

Yang jelas, kondisi kesehatan Casto memang dilaporkan terus memburuk. Itu sebabnya, dia mengalihkan kendali Kuba kepada adik kandungnya, Raul Casto. Meski masih terbilang rutin menulis esai yang dipublikasikan di media milik negara, Castro sudah sejak 29 Juli 2006 tak pernah lagi tampil di hadapan khalayak.

Penampilan terakhirnya di depan publik itu terjadi saat menghadiri perayaan di sebuah kota di bagian timur Kuba. Setelah itu dia menjalani operasi usus. Namun, dia masih aktif bertemu dengan para sahabatnya, para pemimpin negara yang sepaham dengan dia, termasuk Chavez yang juga sangat anti-Amerika Serikat. Foto dan video pertemuan Castro dan teman-teman dekatnya itu selalu diedarkan secara terbuka oleh pemerintah Kuba. Tujuannya tentu untuk menepis kabar kematian sahabat si tokoh revolusi legendaris Amerika Latin, Ernesto “Che” Guevara itu.

CARACAS–Apakah Fidel Castro masih hidup atau meninggal, masih tetap misterius. Tapi, Presiden Venezuela Hugo Chavez, sahabat pemimpin Kuba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News