Film Dokumenter GOR Saparua Diproduksi

Film Dokumenter GOR Saparua Diproduksi
Aska Pratama (gitaris/vokalis Rocket Rockers), Arian 13 (vokalis Seringai), Lance Mengong (DistorsiKERAS), Alvin Yunata (director Gelora Magnumentary), Edy Khemod (creative director), Adib Hidayat (host). Foto: Dok. DistorsiKERAS.

jpnn.com, JAKARTA - Film dokumenter bertajuk 'Gelora Magnumentary: Saparua' tengah digarap.

Dokumenter tersebut menceritakan Gelanggang Olahraga (GOR) Saparua sebagai tempat ikonik yang menjadi saksi sejarah pergerakan musik di Bandung sejak 1970an hingga akhir 1990an.

"Banyak musisi rock dan metal berkelas nasional dan internasional yang dilahirkan melalui pergerakan komunitas Kota Bandung, khususnya di Saparua," kata Alvin Yunata, sebagai sutradara Gelora Magnumentary: Saparua saat konferensi pers virtual, Selasa (30/3).

Gelora Magnumentary: Saparua digarap oleh Rich Music yang menjadi penggagas proyek rangkaian program DistorsiKERAS.

Gelora Magnumentary: Saparua disutradarai oleh Alvin Yunata, gitaris dari Teenage Death Star yang juga merupakan seorang penggiat musik dengan pengalaman di bidang jurnalistik dan aktivisme konservasi musik.

Para pelaku sejarah pergerakan musik Bandung seperti Sam Bimbo, Arian13 (Seringai), Dadan Ketu (Manager Burgerkill/Riotic Records), Eben (Burgerkill), Suar (Mantan Vokalis Pure Saturday), dan banyak lagi lainnya dilibatkan sebagai narasumber.

Alvin mengatakan film ini merupakan sebuah jurnal dari sebuah gedung yang kemudian dialihfungsikan juga sebagai sarana panggung seni dan hiburan dari generasi ke generasi.

"Namun ada fenomena menarik di dekade terakhir sebelum gedung ini dinon-aktifkan, yaitu lahirnya sebuah generasi yang menjunjung tinggi kolektivitas dalam sejarah scene musik underground di Indonesia," jelasnya.

Gelora Magnumentary: Saparua dihadirkan untuk mengapresiasi sejarah kancah rock-metal di Indonesia.

Program ini didasarkan pada proyek Membakar Batas yang diprakarsai oleh Cerahati sejak tahun 2011.

Sebuah film dokumenter bertajuk 'Gelora Magnumentary: Saparua' tengah digarap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News