Firli Bahuri Dorong Pemuda Berperan Dalam Pemberantasan Korupsi

Firli Bahuri Dorong Pemuda Berperan Dalam Pemberantasan Korupsi
Ketua KPK Firli Bahuri. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua KPK Firli Bahuri mendorong pemuda dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di daerah berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi. Peranan mereka dipandang penting sebagai pelaku sejarah yang menentukan nasib Indonesia, kini dan masa mendatang.

“Hari ini Anda boleh memilih sikap, apakah Anda ingin menjadi saksi sejarah atau ingin menjadi pelaku sejarah. Saran saya, jangan hanya jadi saksi sejarah, tetapi anda mengambil bagian sebagai pelaku sejarah untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Firli Bahuri pada acara peluncuran Kelas Pemuda dan LSM Antikorupsi pada Senin (18/7).

Firli menekankan ada dua peranan yang bisa dilakukan pemuda dan LSM dalam konteks pemberantasan korupsi.

Pertama, menjadi agen perubahan di tengah masyarakat melalui berbagai aksi konkret, khususnya dalam membangun budaya antikorupsi.

“Saya sungguh berharap para pemuda dapat memberikan upaya-upaya untuk perubahan yang lebih baik,” terangnya.

Kedua, lanjutnya, pemuda diharapkan menjadi agen pembangunan yang turut bertanggung jawab mewujudkan tujuan bernegara.

Salah satu bentuk tanggung jawab itu ialah dengan membuat laporan yang berkualitas terkait dengan dugaan kasus korupsi di daerah masing-masing, sebagaimana ditekankan dalam materi yang diajarkan KPK pada kegiatan dimaksud.

“Rasa-rasanya sulit bagi kita mewujudkan tujuan bernegara sebagai cita-cita luhur bangsa kita apabila korupsi masih merajalela,” tegasnya.

Ketua KPK Firli Bahuri mendorong pemuda dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di daerah berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News