Firli Bahuri Ingatkan Nilai-Nilai Antikorupsi Hari Raya Kurban

Firli Bahuri Ingatkan Nilai-Nilai Antikorupsi Hari Raya Kurban
Ketua KPK Firli Bahuri Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Umat Islam telah merayakan Iduladha pada Kamis, 29 Juni 2023. Perayaan tersebut erat kaitannya dengan hari kurban.

Iduladha juga sarat dengan nilai-nilai serta tauladan yang baik, bagi hidup kehidupan segenap umat manusia dan alam semesta, tanpa terkecuali.

Mengomentari hal itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KP) Firli Bahuri mengatakan Iduladha seyogianya dijadikan momentum untuk refleksi masing-masing pribadi. Dalam hal ini terkait nilai-nilai antikorupsi.

Menurut Firli, esensi dan makna Iduladha, dapat digali dari sejarah keluarga Nabi Ibrahim AS yang terkenal sangat antikikorupsi semasa hidupnya.

"Keteguhan dan keikhlasan serta kerelaan luar biasa untuk tidak korupsi yang dicontohkan keluarga antikorupsi Nabi Ibrahim AS, sejatinya adalah keutamaan Iduladha yang seyogianya kita lestarikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Firli dalam keterangannya, Jumat (30/6).

Firli mengatakan kisah keluarga Nabi Ibrahim AS ini mengajarkan tentang arti dari sebuah tekad , keteguhan, keyakinan, keikhlasan serta kerelaan luar biasa, yang sejatinya dimiliki oleh setiap umat manusia.

"Kisah ini seharusnya menjadi inspirasi agar kita tidak berperilaku layaknya seekor tikus rakus yang senantiasa merasa kurang dan tidak pernah cukup dengan apa yang dimiliki."

Menurut Firli, ketauladanan yang diberikan keluarga Nabi Ibrahim merupakan momentum bagi kebangkitan umat untuk melawan rasa tamak dan perilaku koruptif.

Menurut Firli, esensi dan makna Iduladha, dapat digali dari sejarah keluarga Nabi Ibrahim AS yang terkenal sangat antikikorupsi semasa hidupnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News