Firli Bahuri: KPK Bekerja Berdasarkan Alat Bukti

Firli Bahuri: KPK Bekerja Berdasarkan Alat Bukti
Ketua KPK Firli Bahuri. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua KPK Firli Bahuri memastikan pihaknya mencermati setiap aspirasi, laporan atau pun’ informasi yang disampaikan masyarakat terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi. 

Namun demikian, Firli menegaskan KPK bekerja berdasarkan kecukupan alat bukti sehingga tidak akan sembarangan dalam menetapkan seseorang jadi tersangka. 

“Penegakan hukum itu nyata, bukan fiksi atau misteri. KPK pun bekerja bukan karena pesanan, tetapi diuji dengan kebenaran, kecukupan bukti yang kesemuanya akan diuji di peradilan," kata Firli melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/4). 

Pernyataan tersebut untuk menanggapi maraknya laporan terhadap tokoh yang ditengarai memiliki kepentingan pada Pilpres atau Pilkada 2024 medatang.

Menuru Firli, KPK senantiasa berpegang teguh pada asas-asas pelaksanaan tugas pokok sebagaimana ketentuan perundang-undangan.

KPK, tegasnya, tidak akan terpengaruh oleh desakan opini atau persepsi oleh pihak mana pun.

“Saya tidak ada kepentingan dan saya tidak bermain politik. Kami kerja sesuai fakta hukum dan bukti yang cukup," tegasnya. 

Menurut Firli Bahuri, kecukupan alat bukti sangat penting untuk mewujudkan kepastian hukum dan menghadirkan keadilan.

Firli menegaskan KPK bekerja berdasarkan kecukupan alat bukti sehingga tidak akan sembarangan dalam menetapkan seseorang jadi tersangka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News