Firli Bahuri Siap Jadikan KPK Leader Section Pemberantasan Korupsi

Firli Bahuri Siap Jadikan KPK Leader Section Pemberantasan Korupsi
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolda Sumatera Selatan Firli Bahuri optimistis bisa menjadikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai leader section memberangus rasuah di tanah air.

Firli sendiri menjadi satu dari sepuluh Calon Pimpinan KPK (Capim KPK) yang berhasil lolos.

“KPK perlu melakukan upaya mitigasi untuk menjadikannya leader section dalam pemberantasan korupsi.  KPK juga harus menjadi konsultan mitra dengan pemerintah,” terangnya di Jakarta, Selasa (3/9).

Menurut Firli, upaya pemberantasan korupsi memang tengah berjalan. Namun fakta empirik menunjukkan bahwa sampai sekarang upaya upaya tersebut dinilai belum efektif.

“Jumlah tersangka korupsi dari tahun 2015-2018 memang terus meningkat. Pun demikian dengan tindak pidana korupsi itu sendiri yang kebanyakan berdimensi politik,” paparnya.

Karena itu, solusi-solusi inovatif pemberantasan korupsi sangat diperlukan KPK saat ini.

Firli mengaku punya lima solusi yang mumpuni untuk menjadikan KPK benar benar menjadi leader section dalam pemberantasan korupsi.

“Solusi-solusi ini diberikan berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap lahirnya korupsi. Dari menyejahterakan dan memberikan pendidikan anti korupsi kepada masyarakat, beri efek jera kepada koruptor hingga pembentukan perwakilan di seluruh provinsi Indonesia,” pungkasnya.

Kapolda Sumatera Selatan Firli Bahuri optimistis bisa menjadikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai leader section memberangus rasuah di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News