Inilah Harta Kekayaan Para Capim KPK, Siapa Paling Tajir?

Inilah Harta Kekayaan Para Capim KPK, Siapa Paling Tajir?
Salah satu capim KPK Irjen Firli Bahuri (kiri). Foto: Fathra/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Harta kekayaan para capim KPK (calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi) cukup variatif, tertinggi mencapai belasan miliar.

Diketahui, 10 nama capim KPK yang sudah diserahkan pansel ke Presiden Joko Widodo adalah Alexander Marwata (KPK), Firli Bahuri (Polri)‎, I Nyoman Wara (Jaksa), Johanis Tanak (Jaksa), dan Lili Pintauli Siregar (Advokat).

Selanjutnya, Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen)‎, Nawawi Pomolangi (Hakim), Nurul Ghufron (Dosen), Roby Arya Brata (PNS Sekretariat Kabinet), dan Sigit Danang Joyo (PNS Kemenkeu).

Merujuk laman acch.kpk.go.id tentang laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), ada sembilan capim KPK yang sudah melaporkan kekayaan. Sedangkan, Luthfi Jayadi Kurniawan tidak menyerahkan LHKPN karena bukan penyelenggara negara.

Pertama, Firli Bahuri. Jenderal polisi bintang dua ini tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 18.226.424.386. Kekayaan yang dilaporkan mantan Deputi Penindakan KPK pada Maret 2019 itu meliputi harta bergerak dan tidak bergerak.

BACA JUGA: Pansel Sebut Semua Capim KPK Punya Cacat

Total harta bergerak Firli sebanyak Rp 632.500.000 dan harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunannya bernilai Rp 10.443.500.000. Firli juga tercatat memiliki harta lain berupa kas dan setara kas seharga Rp 7.150.424.386.

Kedua, Alexander Marwata yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua KPK. Dia tercatat memiliki harta sebanyak Rp 3.968.145.287. Kekayaan yang dilaporkan Alexander pada Februari 2019 itu terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

Berdasar situs resmi KPK, harta kekayaan para capim KPK paling banyak mencapai belasan miliar, terendah Rp 2,9 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News