JPNN.com

Respons Agus Rahardjo soal 10 Capim KPK di Tangan Presiden

Senin, 02 September 2019 – 23:18 WIB
Respons Agus Rahardjo soal 10 Capim KPK di Tangan Presiden - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengomentari proses seleksi calon pimpinan (capim) lembaga antirasuah yang menyisakan 10 nama. Agus mengaku bersyukur karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap membuka ruang dialog terkait 10 nama Capim KPK hasil penyaringan oleh panitia seleksi (pansel).

"Kami bersyukur sore tadi presiden (Jokowi) telah menjawab dengan terang dan bahkan berharap masyarakat dan para tokoh tetap memberi masukan untuk mengoreksi apa yang dikerjakan oleh panitia seleksi. Bahkan disebutkan juga, tidak perlu tergesa-gesa agar yang diserahkan presiden ke DPR adalah calon yang layak untuk dipilih oleh DPR,” ujar Agus di Jakarta, Senin (2/9).

Karena itu Agus mengajak semua pihak untuk tetap mengawal dan menunggu 10 Capim KPK yang akan diajukan Presiden Jokowi ke DPR. Menurutnya, banyak perdebatan dan kritik dalam proses seleksi Capim KPK yang hasilnya telah disampaikan pada presiden.

BACA JUGA: Ini Nama 10 Capim KPK Pilihan Pansel

"Sebelumnya telah disampaikan juga bahwa kami (KPK, red) menemukan sejumlah calon memiliki rekam jejak yang bagus. Namun memang ada sejumlah temuan juga yang kami sampaikan, misal ketidakpatuhan dalam pelaporkan LHKPN, dugaan pelanggaran etik, dugaan perbuatan menghambat penanganan kerja KPK, dugaan penerimaan gratifikasi dan catatan lainnya," tuturnya.

Agus menegaskan metode penelusuran rekam jejak Capim KPK maupun hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, KPK juga telah mengundang panitia seleksi untuk melihat bukti-bukti pendukung jika memang dibutuhkan.

"Sedikit banyak kami berprasangka baik. Pansel pasti membahas temuan-temuan tersebut secara internal," kata dia.

BACA JUGA: Pansel Sebut Semua Capim KPK Punya Cacat

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara