Firli Menyebut Ada Tiga Sasaran Mencegah Korupsi

Firli Menyebut Ada Tiga Sasaran Mencegah Korupsi
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MAMUJU - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut ada tiga strategi nasional untuk mencegah perliaku koruptif. Ketiganya yakni pelayanan dan tata niaga, pengelolaan keuangan daerah dan keuangan negara serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

"Tentu untuk memberantas korupsi itu tidak bisa dikerjakan oleh KPK sendiri tetapi kita melakukan koordinasi dengan segenap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan korupsi dan pelayanan publik," kata Firli Bahuri kepada wartawan di Mamuju, Rabu (22/1).

Dalam kunjungan kerja di Mamuju itu, Firli melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Sulbar dan pemerintah kabupaten di daerah itu.

Pertemuan dengan tema "Strategis Penguatan Pencegahan Korupsi untuk Sulawesi Barat yang Maju dan Bermartabat" itu berlangsung di Lantai IV Kantor Gubernur Sulbar.

"Saya hadir di Sulbar dalam rangka memastikan bahwa seluruh aktivitas pencegahan korupsi itu berjalan," kata Firli.

Pada kesempatan itu, Firli menyinggung tentang Pilkada serentak yang akan berlangsung di emppat daerah kabupaten yang ada di Sulbar. Kepada parpol yang akan bertarung, ia meminta agar nanti menghadirkan politik yang berintegritas, politik tanpa janji-janji, politik tanpa embel-embel memberikan sesuatu kepada masyarakat sehingga terpilih.

"Seluruh kepala daerah harus punya tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan negara," kata Firli. (antara/jpnn)

Kata Firli, memberantas korupsi tidak bisa dikerjakan oleh KPK sendiri tapi juga oleh instansi lainnya.


Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News