FKP Tingkatkan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Perdagangan

FKP Tingkatkan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Perdagangan
FKP Tingkatkan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Perdagangan
BATAM - Untuk meningkatkan sinkronisasi dan sinergitas program kegiatan pelaksanaan implementasi kebijakan pembangunan sektor perdagangan, Kementerian Perdagangan mensosialisasikan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Perdagangan Tahun 2010-2014 kepada 220 Kepala Dinas Perindag Kabupaten/Kota kawasan Indonesia Barat dalam Forum Koordinasi Pembangunan (FKP). Forum diselenggarakan mulai 17-19 Maret 2010 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Tersosialisasikannya Renstra Kementerian Perdagangan Tahun 2010–2014 kepada Disperindag Kabupaten/Kota, serta stakeholder terkait lainnya adalah tujuan utama dari pelaksanaan FKP ini. Melalui FKP, kita harapkan akan terwujud kesamaan persepsi dan koordinasi yang berkesinambungan dalam pelaksanaan kebijakan sektor perdagangan antara Kementerian Perdagangan dengan pemerintah daerah dan kementerian/lembaga terkait lainnya,” kata Sekretaris Jenderal Kemendag Ardiansyah Parman  di dalam rilisnya mengenai pembukaan FKP  di Batam, Rabu (17/3).

Lebih lanjut Sekjen Kemendag menjelaskan, Renstra Kementerian Perdagangan Tahun 2010-2014 akan menjadi landasan kuat untuk mengembangkan sektor perdagangan baik perdagangan dalam negeri maupun perdagangan luar negeri. Selain itu menurutnya, Renstra hendaknya dapat menjadi acuan bagi aparatur perdagangan di daerah dalam menyusun kebijakan, saling berkoordinasi dan komunikasi demi terwujudnya Visi Perdagangan. Yakni, perdagangan yang mampu menjadi sektor penggerak pertumbuhan dan daya saing ekonomi serta penciptaan kemakmuran yang berkeadilan.

"Kiranya daerah, dalam hal ini dinas yang membidangi perdagangan dapat mengacu pada Renstra Kemendag. Jadi, 5 tahun ke depan adalah masa implementasi yang membutuhkan komitmen kita semua. Banyak tantangan yang menghadang, kita harus satukan tekad untuk mencapai visi perdagangan,” tambah Sekjen Kemendag.

BATAM - Untuk meningkatkan sinkronisasi dan sinergitas program kegiatan pelaksanaan implementasi kebijakan pembangunan sektor perdagangan, Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News