Kenaikan TDL Tanpa Disertai Kompensasi

Kenaikan TDL Tanpa Disertai Kompensasi
Kenaikan TDL Tanpa Disertai Kompensasi
JAKARTA — Rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) pada bulan Juli mendatang mengundang reaksi dari banyak kalangan. Pemerintah sempat dikabarkan akan mempergunakan celah defisit di APBN-P 2010 untuk mengajukan dana kompensasi bagi kalangan dunia usaha sebagai dampak kenaikan TDL. Namun Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa membantahnya.

Hatta menegaskan bahwa pemerintah tidak akan mungkin mau mengambil kebijakan yang membuat rugi dua kali. Apalagi dalam hal pemberian insentif sebagai dampak kenaikan TDL, menurut Hatta akar persoalan tidak akan serta merta selesai bila pemerintah memberi kompensasi.

"Kita belum bicara soal itu (kompensasi TDL). Usulannya juga belum ada masuk ke kita. Harus ditelusuri dulu, masalah yang dikeluhkan apa. Jangan sampai setiap kebijakan selalu disamakan dengan insentif fiskal. Pemerintah tak mau rugi dua kali,’’ tegas Hatta kepada wartawan, Rabu (17/3).

Dikatakan Hatta, seluruh sektor baik masyarakat maupun kalangan dunia usaha harus mempelajari dulu mengapa pemerintah mengambil kebijakan. Setelah itu, juga harus dilihat bagaimana kemampuan pemerintah dan tujuan kebijakan tersebut.

JAKARTA — Rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) pada bulan Juli mendatang mengundang reaksi dari banyak kalangan. Pemerintah sempat dikabarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News