Foke Jamin Tol Bandara Bebas Banjir

Disiapkan Pompa Kapasitas 12 Meter Kubik Per Detik

Foke Jamin Tol Bandara Bebas Banjir
Foke Jamin Tol Bandara Bebas Banjir
BANJIR besar yang pernah melanda Tol Bandara Soekarno-Hatta pada 2007 lalu, tampaknya tak akan terjadi lagi. Pemprov DKI Jakarta telah melakukan antisipasi dengan memasang tiga unit pompa air yang terletak di sisi utara Jalan Tol Sedyatmo. Saat ini, pompa-pompa tersebut telah berfungsi baik. Bahkan, pompa ulir atau srew itu dapat menyedot air 12 meter kubik per detik.

Pemprov DKI bersama PT Jasa Marga juga membangun long storage atau penampungan air hujan di sepanjang sisi utara tol bandara. Long storage ini berfungsi menampung aliran air hujan sehingga tidak masuk ke jalan tol. “Saya menjamin kejadian banjir besar di jalan tol pada 2007 lalu tidak akan terulang lagi di Tol Bandara ini. Saya jamin, Jalan Tol Bandara tidak akan mengalami banjir hingga terputusnya akses jalan,” kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat meninjau kesiapan dan kesiagaan fasilitas sarana dan prasarana pengendalian banjir di Jakarta, Minggu (12/1).

Fauzi mengungkapkan, pada 2007 lalu, akses Jalan Tol Bandara sempat terputus karena tergenang banjir cukup besar antara ketinggian 1 meter hingga 2 meter. Saat itu, curah hujan sangat tinggi, sehingga air hujan mengalir ke jalan tol dan banjir yang mengakibatkan kendaraan bermotor tidak bergerak sama sekali.

Agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, Pemprov DKI mengambil langkah untuk mengendalikan dan mencegah banjir di sepanjang Jalan Tol Bandara. Tidak hanya membuat jalan tol lebih tinggi dari jalan eksisting, tetapi juga memperbesar kapasitas fungsi pompa air Tanjungan. “Jadi kami kendalikan air hujan di sekitar bandara ini dengan pompa air Tanjungan, sehingga gedung pompa ini menjadi sarana pengendali banjir yang sangat strategis,” ujarnya.

BANJIR besar yang pernah melanda Tol Bandara Soekarno-Hatta pada 2007 lalu, tampaknya tak akan terjadi lagi. Pemprov DKI Jakarta telah melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News