Fokker-27 Tabrak Hanggar, 24 TNI Tewas

Fokker-27 Tabrak Hanggar, 24 TNI Tewas
Foto: Rahman/Radar Bandung/JPNN
BANDUNG - Musibah kembali menimpa korps TNI Angkatan Udara. Setelah kehilangan pesawat Cassa di Bogor dan helikopter di Riau, dua hari menjelang peringatan HUT ke-63 pada 9 April nanti, giliran pesawat Fokker-27 jatuh di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, kemarin (6/4) pukul 13.05. Sebanyak 24 prajurit tewas seketika.

''Dugaan sementara penyebab kecelakaan adalah cuaca buruk. Hujan deras dan petir mengganggu proses landing,'' jelas Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Subandrio kepada wartawan kemarin. Kota Bandung kemarin memang dilanda hujan sangat deras. Petir tak henti-henti menyambar dalam jeda yang sempit.

Menurut Subandrio, jarak pandang dari tower pengendali hanya sekitar 2 kilometer. ''Secara teknis bukan masalah manusianya. Karena tower menyampaikan informasi clear, pilot memutuskan mendarat,'' ungkapnya.

Meski begitu, TNI-AU tidak mau terburu-buru menyimpulkan penyebab utama kecelakaan. ''Itu dugaan awal. Resminya menunggu penyidikan dari tim yang sudah dibentuk,'' katanya.

BANDUNG - Musibah kembali menimpa korps TNI Angkatan Udara. Setelah kehilangan pesawat Cassa di Bogor dan helikopter di Riau, dua hari menjelang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News