Fokus Beri Layanan Terbaik, Dirut PLN: Yantek Jadi Ujung Tombak Wajah Terdepan PLN

Fokus Beri Layanan Terbaik, Dirut PLN: Yantek Jadi Ujung Tombak Wajah Terdepan PLN
Petugas PLN di lapangan (Ilustrasi). Foto dok PLN

jpnn.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) berhasil mengubah cara pandang dan cara kerja Pelayanan Teknis (Yantek), yang selama ini melayani kebutuhan dan tuntutan pelanggan menuju pelayanan terbaik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan melalui transformasi layanan yang mengedepankan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, proses bisnis diubah.

Hasilnya, layanan PLN kepada pelanggan kini menjadi lebih sederhana, cepat, terintegrasi, mudah, dan dapat dimonitor serta dikontrol secara real-time.

"Yang dulunya kompleks, lambat, terfragmentasi, berbelit-belit, tidak termonitor dan kurang terkontrol, tidak efisien dan lemah, manual, diubah menjadi berbasis digital," ujar Darmawan dalam apel Yantek Optimization, yang digelar belum lama ini.

Menurutnya, tujuan transformasi layanan ini sangat penting bagi kesinambungan bisnis PLN di masa mendatang dan harus menjadi standar baru pelayanan pelanggan.

“Untuk melayani lebih dari 82 juta pelanggan, PLN didukung oleh 35 ribu personil layanan teknik yang tersebar di seluruh Indonesia. Petugas pelayanan gangguan tersebut perlu dikelola dengan lebih baik. Petugas Yantek adalah wajah terdepan PLN. Kami akan dianggap gagal, atau dianggap berhasil melayani pelanggan, itu ada di tangan mereka,” tutur Darmawan. 

Dulu, sambung Darmawan, layanan kepada pelanggan masih membutuhkan intervensi manusia.

Banyak perintah kerja atau permintaan pelanggan tidak tertangani, terselip, tercecer, sehingga respons menjadi lambat.

Untuk mempermudah pelanggan, PLN kini juga menghadirkan ruang komunikasi antara unit-unit layanan PLN dengan tim pelayanan teknik di lapangan dan pelanggan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News