Fokus jadi Bacaleg DPR RI, Iskandar Mengajukan Pengunduran Diri dari Bupati OKI

Fokus jadi Bacaleg DPR RI, Iskandar Mengajukan Pengunduran Diri dari Bupati OKI
Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, Iskandar. (Antara/HO/ist)

jpnn.com - OKI - Iskandar mengajukan pengunduran diri dari jabatan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Dia pengin fokus karena menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI pada Pemilu 2024.

Hal itu diumumkan pada saat Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKI, Kamis (25/5).

Ketua DPRD Kabupaten OKI Abdiyanto Fikri mengatakan keputusan pengajuan diri oleh Iskandar ini merupakan bentuk kepatuhan pada peraturan perundang-undangan, yaitu ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengunduran Diri dalam Pencalonan Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPRD, Presiden dan Wakil Presiden.

"Sebagaimana diatur dalam perundangan maka DPRD mengumumkan secara resmi pengajuan pengunduran diri sebagai bupati OKI dan akan diusulkan kepada menteri dalam negeri (mendagri) melalui gubernur Sumsel," ungkapnya.

Sementara itu, Iskandar mengatakan pengunduran diri itu dilakukan karena dirinya melakukan pendaftaran calon legistatif (caleg) DPR RI pada Pemilu 2024.

Sementara, akhir masa jabatan bupati OKI terpilih 2019-2024 itu terhitung pada tanggal 31 Desember 2023.

“Perlu saya sampaikan bahwa, pengunduran diri merupakan syarat administratif yang harus dipenuhi oleh setiap pejabat negara, kepala daerah, aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD bahkan kepala desa sekali pun jika mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, sebagaimana diatur oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 240 Ayat 1,” jelasnya.

Iskandar mengajukan pengunduran diri dari jabatan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir, karena fokus jadi bacaleg DPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News