Fokus Target Swasembada Pangan, Penataan Organisasi Tetap Jalan

Fokus Target Swasembada Pangan, Penataan Organisasi Tetap Jalan
Fokus Target Swasembada Pangan, Penataan Organisasi Tetap Jalan

jpnn.com - JAKARTA--Audit organisasi yang dilakukan para menteri terhadap kementerian yang dipimpinnya merupakan langkah untuk mengefektifkan program dan target-target di masing-masing instansi, bukan  untuk menghambat kinerja.

Karena itu, audit organisasi Kementerian Pertanian dilaksanakan dengan tetap mengacu kepada target-target implementasi program pembangunan nasional di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Penegasan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi kepada wartawan usai bertemu Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (11/11).

"Konsekuensinya dalam dua tahun ini Kementerian Pertanian harus berkonsentrasi pada pencapaian target-targetnya, tanpa harus dibayang-bayangi oleh adanya restrukturisasi organisasi. Jadi bisa fokus dulu sebelum dilakukan audit organisasi,” terangnya.

Seperti diketahui,  Presiden jokowi menggariskan kebijakan kedaulatan pangan. Hal in menjadi prioritas utama yang menjadi tanggung jawab menteri pertanian. Sejauh prioritas ini bisa diwujudkan, maka penataan organisasi bisa dilaksanakan menyusul.  

“Kalau ada unit-unit organisasi yang tidak produktif atau ada personil-personil yang tidak menunjukkan kinerja yang baik, dapat langsung ditindaklanjuti menteri pertanian untuk diaudit,” imbuh Yuddy yang didampingi Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dan Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Rini Widyantini.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menambahkan, aparatur sipil negara di lingkungan instansinya diberi  target untuk mengimplementasikan program-program swasembada pangan. Dalam dua tahun ke depan, Menteri Pertanian akan memberikan direction yang jelas dan pasti.

“Kepada siapa, pekerjaan apa, tanggung jawabnya apa, dan tugas  siapa. Jadi pencapaian target swasembada pangan pun dapat dipercepat,” ujarnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Audit organisasi yang dilakukan para menteri terhadap kementerian yang dipimpinnya merupakan langkah untuk mengefektifkan program dan target-target


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News