JPNN.com

Food Estate, Mengubah Semak Belukar menjadi Lahan Produktif

Senin, 22 Februari 2021 – 20:00 WIB
Food Estate, Mengubah Semak Belukar menjadi Lahan Produktif - JPNN.com
Program Food Estate akan berhasil bila mendapatkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Foto: Humas Kementan.

jpnn.com, HUMBAHAS - Food Estate adalah program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar.

Sebuah misi bersama untuk menciptakan ketahanan pangan jangka panjang.

Bukan hal mudah mengubah semak belukar yang dikelilingi tanaman pakis untuk ditanami aneka tanaman produktif yaitu sayuran.

Perlu perlakuan khusus menyesuaikan unsur hara seluas 215 hektare dengan ekosistem yang sesuai dengan kebutuhan bawang merah, bawang putih dan kentang.

Guru besar Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Ir. Noverita Sprinse Vinolina, MP mengaku secara pribadi sangat mengapresiasi upaya pemerintah dalam hal ini Kementan yang mengubah alang-alang menjadi lahan produktif.

“Saya betul-betul mendukung program Food Estate yang menjadikan lahan tidur menjadi bernilai income. Ini hanya perlu perawatan terus menerus, kerja keras yang sungguh-sungguh, dan komitmen SDM terutama dari para petani,” kata Noverita saat mengunjungi lahan bawang merah, Rabu (17/2).

Guru besar Fakultas Pertanian ini optimistis program Food Estate akan berhasil bila didukung pemerintah dan petani.

Ia menuturkan petani sebagai ujung tombak keberhasilan hanya perlu pendampingan berupa transfer teknologi dan semangat pantang menyerah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...