Format Debat, Tiga Cawapres Berhadapan

Format Debat, Tiga Cawapres Berhadapan
Format Debat, Tiga Cawapres Berhadapan
JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespon kritik masyarakat menyangkut debat capres putaran pertama yang kurang greget. Debat cawapres yang akan digelar Selasa (23/6), dibuat sedikit berbeda dengan format debat capres putaran pertama itu. Dalam debat cawapres bertema 'Membangun Jati Diri Bangsa' Selasa (23/6), Prabowo Subianto, Wiranto, dan Boediono akan berdiri berhadap-hadapan. Hanya saja, posisinya dalam format setengah melingkar.

"Posisi tiga kandidat yang sebelumnya sejajar dibuat posisi berhadapan setengah lingkaran. Kemarin equal biar adil sorotan media. Besok dibuat seperti itu biar lebih interaktif," terang anggota KPU Endang Sulastri di gedung KPU, Jakarta, Senin (22/6). Meski berupaya agar debat lebih interaktif dan 'hidup', sesi tanya jawab tetap dihilangkan. Endang mengakui, tidak digunakannya sesi tanya jawab untuk menghindari aksi saling serang antarkandidat. "Kita upayakan tetap dalam koridor kesantunan," ujar Endang.

Perubahan lain menyangkut alokasi waktu untuk pemaparan visi dan misi. Dalam debat capres putaran pertama, sesi ini disediakan waktu 10 menit untuk masing-masing kandidat. Besok, untuk debat cawapres, alokasi waktu untuk paparan visi misi cukup tujuh menit saja. Selain itu, jeda waktu untuk iklan yang memotong siaran langsung, juga dipersingkat. Selain itu, agar acara tetap terkesan formal, pembawa acara (host) cukup bicara saat membuka acara saja. Setelah itu, host yang saat debat capres dibawakan Helmy Yahya, sudah tidak boleh bicara lagi.

Dijelaskan Endang, perubahan-perubahan kecil itu sudah dikomunikasikan dengan tim ketiga pasang capres-cawapres, termasuk dengan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Prof Komaruddin Hidayat yang akan menjadi moderator debat cawapres.(sam/JPNN)

JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespon kritik masyarakat menyangkut debat capres putaran pertama yang kurang greget. Debat cawapres yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News