Forum Sukarelawan Ajak Segenap Bangsa Menghayati Makna Hari Kebangkitan Nasional

Forum Sukarelawan Ajak Segenap Bangsa Menghayati Makna Hari Kebangkitan Nasional
Forum Sukarelawan se-Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional di Tugu Lilin, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/5). Foto: Bidang Publikasi Forum Sukarelawan se-Indonesia.

jpnn.com, SURAKARTA - Ketua Panitia Nasional Hari Kebangkitan Nasional 2022 Forum Sukarelawan se-Indonesia Nirmala Firdaus menyebut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan tonggak sejarah awal dari kesadaran, bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar.

Karena itu, Harkitnas sangat penting untuk diperingati setiap tahun, untuk mengingat semangat pantang menyerah para pejuang kebangsaan terdahulu.

"Semangat Harkitnas juga penting diterapkan untuk bangkit dari pandemi dan krisis multidimensi yang sedang melanda dunia,” ujar Nirmala pada peringatan Harkitnas di Tugu Kebangkitan Nasional (Tugu Lilin) Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/5).

Peringatan Harkitnas kali ini diikuti perwakilan dari berbagai organisasi sukarelawan seluruh Indonesia. Acara juga disiarkan secara daring.

“Kami mengadakan di Tugu Kebangkitan Nasional atau Tugu Lilin karena Solo merupakan kota pergerakan."

"Acara juga kami siarkan secara live agar teman-teman relawan semua dapat merasakan semangat yang sama,” ujar Sekretaris Panitia Nasional Hari Kebangkitan Nasional 2022, Jeff Sondakh.

Tugu Lilin memiliki simbol kekuatan, lilin dengan api yang menyala di puncaknya memiliki arti penerang darisebuah harapan.

“Acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional selanjutnya akan diadakan rutin setiap tahun, mengingat kondisi bangsa yang saat ini masih terpolarisasi secara politik."

Forum Sukarelawan mengajak segenap elemen bangsa menghayati makna Hari Kebangkitan Nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News