Foto Jokowi - Ma’ruf di Baliho Sosialisasi tak Berpeci, Bara JP Protes

Foto Jokowi - Ma’ruf di Baliho Sosialisasi tak Berpeci, Bara JP Protes
Jokowi dan Prabowo Subianto saat debat capres.Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, PALANGKA RAYA - DPD Bara JP (Dewan Perwakilan Daerah Barisan Relawan Jokowi PresidenP) Kalteng menuding KPU tak netral dalam sosialisasi Pilpres 2019.

Hal itu terkait pemasangan baliho sosialisasi, di mana foto pasangan Joko Widodo – KH Ma’aruf Amin yang tak menggunakan peci.

Protes Bara JP itu berujung laporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalteng. Mereka menilai baliho sosialisasi yang dipasang KPU Kalteng tak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan KPU RI, yakni menggunakan peci.

”Dugaan kecurangan itu adalah gambar Pak Jokowi di baliho yang dipasang KPU Kalteng untuk sosialisasi tidak sesuai spesimen surat suara yang disahkan dan ditetapkan KPU RI, karena yang ditetapkan menggunakan peci, sementara yang di baliho KPU Kalteng tidak menggunakan peci," kata Ketua DPD Bara JP Kalteng Junjung Kataruhan, Sabtu (23/3).

BACA JUGA: Disiapkan Kamar Khusus di RS untuk Caleg Stres, Ada Rantainya di Tempat Tidur

Pihaknya ingin meminta kejelasan KPU Kalteng terkait baliho tersebut. Pasalnya, Bara JP tak ingin masyarakat mendapatkan informasi yang salah atau tidak sesuai fakta. Sebab, KPU sudah melakukan banyak tahapan dengan pembiayaan besar.

Pihaknya memuat tiga poin dalam laporan tersebut, yakni meminta Bawaslu Kalteng mengambil tindakan sesuai aturan dan pengawasan yang berlaku; memerintahkan KPU Kalteng mengganti semua baliho yang terpasang dengan baliho baru yang sesuai spesimen surat suara yang ditetapkan KPU RI.

”Terakhir, meminta Bawaslu Kalteng melakukan investigasi kepada komisioner KPU Kalteng untuk mengggali kemungkinan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab, yang diduga secara sengaja melakukan tindakan yang patut diduga sebagai kecurangan," kata Junjung.

Bara JP Kalteng memprotes baliho sosialisasi Pilpres oleh KPU lantaran foto Jokowi – KH Ma’ruf Amin tak berpeci.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News