Fotografer Kanada Ciptakan Musik dari Jepretan Kamera

Fotografer Kanada Ciptakan Musik dari Jepretan Kamera
Fotografer Kanada Ciptakan Musik dari Jepretan Kamera
MONTREAL - Di tangan orang-orang kreatif sering kali sesuatu yang kerap kita abaikan bisa menjadi sebuah karya seni baru. Dan ini dilakukan fotografer bernama Benjamin Von Wong. Fotografer profesional asal Montreal, Kanada ini berhasil membuat sebuah komposisi musik bersumber dari bunyi jepretan kamera atau shutter.

Sesuai namanya "Nikon Symphony" Benjamin menggunakan 14 kamera SLR merek Nikon dari berbagai tipe. Mulai kamera berharga mahal (satu digit) sekelas D3, D3S, dan D4, sampai SLR berharga terjangkau D700. Agar bunyinya lebih bervariasi, Benjamin mengeksplorasi berbagi bunyi yang dikeluarkan kamera seperti perpindahan menu, suara blitz sampai membanting kamera D3 ke meja yang dilakukannya di akhir "konser".

Komposisi lagu garapan Benjamin bersama komposer muda Andrew Kesler dibuka bunyi shutter kamera D700 kemudian dilanjutkan D4. Suara shutter ditekan secara bergantian dengan tempo yang teratur sedemikian rupa sehingga terdengar seperti ketukan musik disco. Menjelang musik berakhir tempo musik main cepat lantas terhenti sesaat setelah shutter kamera D4 ditekan yang langsung mengeluarkan cahaya dan bunyi blitz.

 

Kamera berharga Rp 53 juta (body saja) itu kemudian mengeluarkan suara jepretan berulang-ulang (burst speed). Komposisi musik berdurasi 52 detik hasil kolaborasi Benjamin dan Andrew ditutup suara bantingan bodi kamera D3 ke atas meja tempat konser berlangsung diikuti suara pijitan shutter yang makin menghilang.

 

MONTREAL - Di tangan orang-orang kreatif sering kali sesuatu yang kerap kita abaikan bisa menjadi sebuah karya seni baru. Dan ini dilakukan fotografer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News