Fotografer Swedia Menangi World Press Photo 2012

Potret Kemarahan dan Derita

Fotografer Swedia Menangi World Press Photo 2012
Paul Hansen /Dagens Nyheter via Reuters
AMSTERDAM - Buramnya wajah dunia tergambar pada foto-foto pemenang penghargaan World Press Photo 2012 yang diumumkan kemarin di Amsterdam, Belanda. Penghargaan tertinggi (World Press Photo of the Year) diraih Paul Hansen dari koran Dagens Nyheter, Swedia. Dia memotret suasana pemakaman jenazah dua anak Palestina yang dirudal Israel pada November 2012.

 

"Kekuatan foto itu terletak pada kontras antara kemarahan dan duka orang dewasa dan wajah tak berdosa anak-anak," kata Mayu Mohanna, salah seorang juri dari Peru. "Ini foto yang tak bakal terlupakan," tegas Mohanna.

 

Jepretan Hansen pun meraih penghargaan tertinggi kategori spot news single photograph sekaligus yang terbaik pada keseluruhan kompetisi tersebut. Dia jawara pada kontes dengan sembilan kategori penghargaan yang diterima 54 fotografer dari 32 negara tersebut.

Total, ada 103.381 karya dari 5.666 fotografer dari 124 negara. Juri berjumlah 19 orang, dipimpin Associated Press Director of Photography Santiago Lyon.

 

AMSTERDAM - Buramnya wajah dunia tergambar pada foto-foto pemenang penghargaan World Press Photo 2012 yang diumumkan kemarin di Amsterdam, Belanda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News