Franka Nadiem Makarim Ingatkan Ibu-Ibu DWP soal Pelajar Pancasila

Franka Nadiem Makarim Ingatkan Ibu-Ibu DWP soal Pelajar Pancasila
Peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan DWP Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek. Foto: Mesya/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (DWP Kemendikbudristek) Franka Nadiem Makarim menyampaikan bahwa peran dan pengorbanan seorang ibu akan terus memberikan makna bagi generasi yang akan datang. 

Menurut Franka, zaman memang sudah berubah dan teknologi juga berkembang sangat pesat. “Namun, peran ibu akan selalu bermakna,” kata Franka Nadiem Makarim dalam seminar bertajuk “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” untuk memperingati Hari Ibu, secara hybrid, Kamis (23/12). 

Seminar ini digelar DWP Sub Unit Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek untuk mengajak perempuan Indonesia proaktif dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut Franka memandang bahwa peran ibu sangat diperlukan dalam mewujudkan keluarga tangguh serta anak-anak yang tumbuh dengan internalisasi nilai dan semangat Pancasila.

Franka di hadapan ibu-ibu DWP Kemendikbudristek juga menjelaskan tentang enam profil pelajar Pancasila. 

Pertama, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

Kedua, mandiri, yakni pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. 

Ketiga, kerkebinekaan global, yakni pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. 

Franka Nadiem Makarim mengatakan bahwa zaman memang sudah berubah, teknologi makin berkembang, tetapi peran ibu akan selalu bermakna. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News