Fungsi KPK Masih Sebatas Pemadam Kebakaran

Fungsi KPK Masih Sebatas Pemadam Kebakaran
Fungsi KPK Masih Sebatas Pemadam Kebakaran
JAKARTA - Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Komisi Pengawas KPK mendatangi gedung KPK di Jl HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (15/9) siang. Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane yang juga anggota Komite Pengawas KPK, mengibaratkan KPK saat ini layaknya pemadam kebakaran.

"Pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK tidak fokus. KPK hanya pemadam kebakaran karena banyak sekali kasus yang belum tersentuh, termasuk manipulasi di sektor pertambangan dan BUMN," ujar Neta.

Lebih jauh dia menjelaskan, Komisi Pengawas KPK telah melihat anggaran untuk penegakkan hukum di KPK sekitar Rp530 miliar. Dari jumlah itu. Rp170 miliar atau 30% dianggarkan untuk pemberantasan korupsi.

"Artinya untuk satu kasus penanganan korupsi di KPK menghabiskan 400 juta, sedangkan di Kejaksaan satu kasus hanya 48,6 juta dan kepolisian 37,8 juta," sebutnya.

JAKARTA - Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Komisi Pengawas KPK mendatangi gedung KPK di Jl HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (15/9)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News