Gadget Buatan Apple Rawan Pembobolan

Software iPad, iPhone, dan iPod Touch Punya Kelemahan

Gadget Buatan Apple Rawan Pembobolan
Salah satu gadget produksi Apple Inc, iPhone. Foto : REUTERS
CELAH keamanan di perangkat yang kini tengah digemari konsumen dunia, ternyata tak hanya ditemukan pada BlackBerry. Gadget populer produksi Apple yakni iPad, iPhone, dan iPod Touch juga memiliki masalah serupa. Ini diketahui menyusul adanya peringatan dari pemerintah Jerman bahwa ketiga perangkat yang menyumbang pemasukan jutaan dolar ke kas Apple itu, rentan dibobol para pencuri data.

Seperti ditulis Orange.com, Kamis (5/8), setidaknya ada dua loop hole software di perangkat yang sangat dibanggakan CEO Apple, Steve Jobs itu. Pertama pada mesin penjelajah internet alias browser. Satu lagi, pada program pembuka portable document format (PDF). Jika salah satu cara penyusupan itu di-klik, maka password, rencana kerja, dan e-mail pengguna, sangat mungkin telah disusupi.

Dari hasil penelitian kantor Federal untuk Keamanan Informasi Jerman, celah di iPhone terjadi untuk sistem informasi versi 3.1.2-4.0.1. iPad versi 3.2-3.2.1, sedangkan pada iPod Touch untuk versi 3.1.2-4.0. Dilaporkan, kelemahan ini belum memakan korban, bahkan Apple sendiri diperkirakan belum tahu produknya bermasalah.

Hal ini dibuktikan dengan belum dirilisnya tambalan software (patch) di situs mereka. Menurut kantor federal, hanya ada satu cara untuk menghindarinya. Jangan sembarangan membuka file PDF dan membuka situs yang diragukan keamanannya.

CELAH keamanan di perangkat yang kini tengah digemari konsumen dunia, ternyata tak hanya ditemukan pada BlackBerry. Gadget populer produksi Apple

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News