Gaet Wisatawan, 4 Dusun Adat Sudah Ada Saluran Air Bersih

Gaet Wisatawan, 4 Dusun Adat Sudah Ada Saluran Air Bersih
Bupat Buleleng, Bali, I Putu Agus Suradnyana, meresmikan saluran air bersih. Foto: istimewa

jpnn.com, BULELENG - Bupati Buleleng, Provinsi Bali, I Putu Agus Suradnyana meresmikan saluran air sepanjang 16,8 Km, di Gedung Serbaguna Desa Madenan, pada Rabu (11/4).

Bupati Agus menjelaskan, saluran air bersih tersebut ini disalurkan ke empat dusun adat yang berada di Desa Madenan, dengan luas sekitar 13.730 hektare. Pembangunan infrastruktur air bersih merupakan upaya pemerintah dalam mengatasi masalah air bersih yang dialami masyarakat Desa Madenan.

“Pembangunan infrastruktur ini adalah bentuk komitmen kami untuk selalu memberikan yang terbaik demi kesejateraan masyarakat Buleleng, khususnya Desa Madenan," papar Bupati Agus.

Dia menambahkan Madenan merupakan desa dengan potensi wisata, jadi perlu dilakukan pembangunan untuk menarik minat para wisatawan.

“Desa Madenaan adalah wilayah dengan potensi wisata alam dan wisata budaya, karena di desa ini ada 4 dusun adat. Sulitnya akses air bersih berdampak pada minat wisatawan, semoga saluran air bersih gratis ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakaat, khususnya pertanian, dan pariwisata," beber Bupati Agus.

Dia menyebutkan, dalam menjalankan program mengalami beberapa hambatan, sehingga pembangunan saluran air bersih ini memerlukan waktu yang panjang. Upaya telah dilakukan seperti permohonan ke pihak provinsi hingga ke kementrian, tapi belum juga menemui hasil. Hingga akhirnya pembangunan infrastruktur air bersih ini menggunakan dana APBD Kabupaten Buleleng.

“Pembangunan infrastruktur air bersih ini menggunakan dana APBD Buleleng sebesar Rp 2,7 miliar. Dana tersebut ditambah dengan dana dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sebesar Rp 380 juta dan penyertaan dari desa sebasar Rp 50 juta. Secara keseluruhan program ini menghabiskan dana sebesar Rp 3,2 miliar," ungkap Bupati Agus.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buleleng, Ketut Suparta Wijaya, mengapresiasi keputusan Bupati Agus untuk membangun infratruktur air bersih sepanjang 16,8 kilometer ini.

Empat dusun adat di Desa Madenan, Buleleng, Bali, yang punya potensi wisata, kini sudah punya saluran air bersih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News