Minggu, 22 Juli 2018 – 17:14 WIB

Gagal SBMPTN 2018, Jangan Putus Asa ya

Sabtu, 07 Juli 2018 – 00:21 WIB
Gagal SBMPTN 2018, Jangan Putus Asa ya - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Para calon mahasiswa yang gagal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, tiak perlu putus asa. Masih banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang berkualitas bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi. Lantaran, didukung dengan kualitas pengajar maupun fasilitas pendidikannya yang representatif.

Ginanjar Elyas Saputra - Wartawan Radar Surabaya

Ketua Dewan Pendidikan Surabaya, Isa Anshori mengatakan memang tidak memungkiri perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi idaman di kalangan calon mahasiswa, karena dianggap bisa menjamin masa depan dan kemudahan mendapat pekerjaan mapan.

“Sebetulnya tidak seperti itu, sehingga jika orangtua berpikirnya harus negeri. Nah itu harus diubah cara berpikirnya. Menurut saya PTS juga tidak kalah dibanding dengan PTN,” tutur Isa.

Isa menjelaskan harus ada campur tangan dari pemerintah agar mengubah stigma bahwa PTS itu kualitasnya kurang baik. Selain itu, ada edukasi masyarakat bahwa PTS juga tidak kalah dengan negeri.

“Jangan salah, ada Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya ada prodi komunikasinya yang lebih bagus dari negeri. Masyakatkan selalu melihat negerinya dulu dan kalau bisa lebih jeli untuk memilih perguruan tinggi,” katanya.

Isa mengimbau masyarakat berfikir rasional karena menilai perguruan tinggi tidak hanya dari labelnya saja, tetapi juga harus dari akreditasinya. Kemudian yang kedua, dari proses cara mengajar di perguruan tinggi.

Banyak di Surabaya PTS berkualitas dengan segudang prestasi dan fasilitasnya yang mumpuni, di antaranya Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Unipa), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia), Stie Perbanas Surabaya, dan masih banyak lainnya bisa menjadi pilihan siswa yang gagal dalam ujian SBMPTN 2018.

SHARES
TAGS   SBMPTN 2018 PTN PTS
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar