Gagal SNMPTN/SBMPTN, Menristekdikti: Lewat Jalur Ini Saja

Gagal SNMPTN/SBMPTN, Menristekdikti: Lewat Jalur Ini Saja
Jumpa pers Menristekdikti Mohamad Nasir soal Seleksi Bersama Masuk PTN. Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengimbau siswa tidak patah semangat meski gagal di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SN‎MPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Masih ada jalur lainnya yang bisa ditempuh bagi para calon mahasiswa.

"Jangan kecil hati dan patah semangat. Ada jalur lain untuk masuk perguruan tinggi," kata Nasir di kantornya, Senin (12/6).

Bagi yang ingin tetap masuk PTN, bisa mencoba lewat jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing universitas atau institut.
Tentunya harus sesuai dengan ketentuan dan persyaratan masing-masing PTN.

PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri di antaranya Universitas Sebelas Maret, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Jenderal Soedirman, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), Univesitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan lainnya.

Sedangkan yang tidak tertarik ke PTN, bisa memilih perguruan tinggi swasta.

"Jangan khawatir, selama PTS-nya terdaftar di Dikti, lulusannya diakui pemerintah. Apalagi banyak PTS yang menyediakan kuota lebih banyak. Intinya di mana pun tempat menuntut ilmu, mau PTN atau PTS mahasiswa bisa mengembangkan dirinya," terang Nasir. (esy/jpnn)

 


Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengimbau siswa tidak patah semangat meski gagal di Seleksi Nasional Masuk


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News