Gaikindo Pastikan Jokowi Buka GIIAS 2019

Gaikindo Pastikan Jokowi Buka GIIAS 2019
Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Jokowi saat berkeliling di area GIIAS 2018, Kamis (2/8). (Foto: Ist for JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dipastikan membuka pameran otomotif tahunan - Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada 18 Juli 2019, di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

"Rencananya GIIAS 2019 akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Karena kami sudah mengonformasi kehadiran Pak Presiden," ungkap Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, pada saat press conference GIIAS 2019 di Jakarta, Selasa (2/7).

BACA JUGA: 41 Merek Otomotif Siap Ramaikan GIIAS 2019

Nangoi menambahkan, GIIAS merupakan jendela informasi otomotif ke masyarakat Indonesia maupun dunia. Pasalnya, industri otomotif di Indonesia saat ini bisa dibilang lebih mandiri.

"Selama ini kita hanya bicara otomotif untuk Indonesia, tapi kali ini lebih spesial karena otomotif Indonesia saat ini lebih mandiri. Produksinya sudah bisa memenuhi pasar luar negeri dan kami berharap ke depan masuk ke era yang lebih besar dan lebih global," tegas Nangoi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena Nangoi menyebut saat ini industri otomotif Indonesia telah berhasil mengirim produknya hampir ke 80 negara di seluru dunia. Untuk itu, industri otomotif Indonesia disebut sudah lebih mandiri.

"Selain domestik, mobil buatan Indonesia (produk CBU) sudah diekspor ke 80 negara. Tentunya ini sangat berarti apabila kemampuan industri yang bisa diterima oleh dunia didukung oleh pemerintah untuk bisa membuat ekspor lebih besar, serta dukungan dari para produsen," ujar dia lagi.

Lebih jauh dikatakan Nangoi, untuk ekspor CBU sendiri di Indonesia tumbuh 14,4 persen menjadi 264.553 unit dibanding tahun sebelumnya. Dengan dorongan GIIAS ini, Nangoi berharap pada 2019 ekspor otomotif akan kembali mencatatkan peningkatan.

"Industri otomotif mendapatkan energi positif dari setiap penyelenggaraan GIIAS, dan tahun ini kami optimis ekspor otomotif Indonesia dapat mencapai 300 ribu unit,” pungkas pria yang juga menjabat Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). (mg9/jpnn)


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dipastikan membuka pameran otomotif tahunan - Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada 18 Juli 2019, di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News