Gaji ke-13 Gairahkan Sektor Riil

Gaji ke-13 Gairahkan Sektor Riil
Gaji ke-13 Gairahkan Sektor Riil

JAKARTA
—Gaji 13 yang akan diterima PNS dan TNI/Polri pada Juni mendatang akan menggairahkan sektor riil. Dengan bergeraknya sektor riil, otomatis pertumbuhan ekonomi di Juni akan terkontraksi. “Februari-Maret pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya bergerak tipis, ini karena konsumsi rumah tangga tetap tidak meningkat.Dengan kucuran gaji 13 konsumsi rumah tangga akan naik karena masyarakat punya dana lebih untuk dibelanjakan,” ujar Menkeu Sri Mulyani dalam Raker dengan Komisi XI, Kamis (28/5).

Sektor riil yang akan terpengaruh salah satunya adalah perdagangan, sementara investasi tetap. “Pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan investasi,” sebut Sri Mulyani.

Pada kuartal satu 2009, konsumsi rumah tangga 5,84 persen, konsumsi pemerintah 19,35 persen, investasi 3,51 persen, ekspor -19,1 persen, impor -24,1. Sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama mencapai 4,37 persen.

 Lebih lanjut dikatakan, pertumbuhan barang dan jasa menurun sejak akhir 2008, namun terlihat adanya pemulihan di awal 2009. Dia memprediksikan puncak pertumbuhan barang dan jasa akan terjadi pada Juni sampai Juli mendatang. Dengan bergairahnya sektor riil, secara tidak langsung akan menggerakkan investasi sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2010 pada kisaran lima persen akan tercapai.  (esy/jpnn)

JAKARTA—Gaji 13 yang akan diterima PNS dan TNI/Polri pada Juni mendatang akan menggairahkan sektor riil. Dengan bergeraknya sektor riil, otomatis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News