Gaji PNS Dibayarkan Tunggu Pelantikan Pejabat? Duh duuh

Gaji PNS Dibayarkan Tunggu Pelantikan Pejabat? Duh duuh
PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mulai resah. Sebagian malah mengaku tak lagi konsentrasi dalam bekerja.

Penyebabnya karena gaji Januari hingga Kamis (12/1) kemarin belum dibayar. Kegalauan PNS makin bertambah menyusul beredarnya kabar bahwa gaji Januari baru akan dibayar setelah pelantikan pejabat eselon III dan IV dalam struktur baru pemerintahan daerah.

Sementara waktu pelantikan pejabat belum dipastikan hari dan tanggalnya. "Adoh. Inga-inga torang penasib ini le. Torang ini cuma pegawai biasa, staf, yang tidak ada sumber pendapatan lain selain dari gaji. Kalu gaji so tidak dibayar-bayar begini, mo makan apa anak istri di rumah," sebut sejumlah PNS pada Radar Sulteng (Jawa Pos Group), Kamis (12/1).

Menurut beberapa PNS yang enggan disebutkan namanya, belum dibayarnya gaji beban hidup terasa semakin berat.

Karena gaji bukan cuma sekedar untuk memenuhi kebutuhan dapur (makan-minum), tapi juga untuk menanggung kebutuhan lain, semisal biaya sekolah anak dan tagihan kredit kendaraan.

"Kalau untuk makan mungkin masih bisa numpang atau minta sama orang tua. Tapi tidak mungkin lah mo minta sama orang tua atau keluarga kalau untuk bayar sekolah/kuliah anak," tukasnya.

Bagaimana jika benar gaji baru akan dibayar jika sudah pelantikan pejabat eselon IV dam III? Para PNS sangat menyayangkannya. Harusnya, kata mereka, yang ditunda pembayarannya bukan gaji, tapi tunjangan.

"Bayar saja gaji pokoknya. Kalau tunjangan ya tunggu saja nanti kalau masih dapat jabatan dan dilantik," ujar mereka lagi.

Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mulai resah. Sebagian malah mengaku tak lagi konsentrasi dalam bekerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News