Gaji PNS Naik, Bantuan Sosial Turun

Gaji PNS Naik, Bantuan Sosial Turun
Gaji PNS Naik, Bantuan Sosial Turun
JAKARTA - Hampir setiap tahun, pemerintah menaikkan penghasilan bagi PNS, TNI dan Polri. Tahun 2011, pemerintah kembali akan menaikkan pendapatan bagi abdi negara ini sebesar 10 persen. Namun pada sisi lain, di tengah banyaknya bencana yang melanda tanah air, pemerintah justru menurunkan anggaran untuk bantuan sosial. Nilainya mencapai Rp 10 triliun.

Dalam APBN 2011, anggaran bantuan sosial hanya dianggarkan sebesar Rp 61 triliun. Padahal tahun 2010, pos anggaran ini mencapai Rp 71,2 triliun. Bandingkan dengan anggaran untuk belanja pegawai yang tahun 2011 mencapai Rp 180,6 triliun, atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 162,7 triliun.

Padahal, dalam pos anggaran bantuan sosial ini, hampir keseluruhannya menyentuh masyarakat ekonomi kelas bawah. Karena di dalamnya mencakup Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Asuransi Kesehatan Masyarakat Miskin (Askeskin), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), serta (dana) penanggulangan bencana alam. Meski tahun 2010 rangkaian bencana alam kerap terjadi, serta pada tahun 2011 pun disebutkan perubahan iklim akan kian mempengaruhi, namun secara riil bantuan sosial untuk penanggulangan bencana alam selama satu tahun hanya dianggarkan sebesar Rp 4 triliun saja.

Pengamat ekonomi Fadhil Hasan, kepada JPNN, Rabu (29/12), mengatakan bahwa porsi anggaran di APBN 2011 sebenarnya sudah cukup ideal. Hanya saja katanya, khusus untuk belanja barang, belanja modal dan belanja pegawai, kenaikan yang terjadi harusnya mampu lebih efektif terealisasi. Karena menurutnya, selama ini yang terjadi, besarnya anggaran ternyata tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap dorongan pertumbuhan ekonomi yang riil pada masyarakat.

JAKARTA - Hampir setiap tahun, pemerintah menaikkan penghasilan bagi PNS, TNI dan Polri. Tahun 2011, pemerintah kembali akan menaikkan pendapatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News