Galang Dana untuk Penderita Katarak

Galang Dana untuk Penderita Katarak
Galang Dana untuk Penderita Katarak
JAKARTA - Inisiatif PT Sidomuncul menggalang dana untuk penderita katarak terus meningkat. Iklan Sidomuncul yang mengajak masyarakat peduli kepada penderita katarak dinilai sangat efektif. Dana yang masuk melalui Gerakan Mata Hati dan Palang Merah Indonesia (PMI)--sebagai badan penghimpun dana--naik signifikan pasca-penayangan iklan itu.

Ketua Mata Hati, Suwandi S Brata menuturkan, bantuan yang masuk melonjak signifikan. Jika sebelumnya jumlah penyumbang yang masuk mencapai Rp 100 juta, tapi dalam periode Januari hingga 9 April  2011, jumlahnya sekitar Rp 652 juta dari sekitar 2.813 penyumbang. "Data ini sangat mengesankan," kata Suwandi di Jakarta, Selasa (12/4).

Sementara itu, penggalangan dana oleh PMI, sampai dengan April lalu terhimpun sekitar Rp 457.763.869. Gerakan penanggulangan katarak yang dimotori Sidomuncul bersama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) per 10 April berhasil mengoperasi sebanyak 1.051 pasien dari total 3.826 pasien. Jadi tinggal 2.775 menyusul segera dioperasi. Daerah garapan gerakan ini di antaranya, Jakarta, Bogor, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Jogjakarta, Malang, Kepulauan

Riau, dan Kalimantan Barat.

Ketua Perdami, Prof DR dr Nila F Moeloek, SpM mengungkapkan, penderita katarak di Indonesia terbilang tinggi. Per tahun bertambah hingga 240 ribu orang. "Perdami terus terang kewalahan. Tapi ini bukan masalah power atau SDM saja, melainkan juga letak geografi yang sulit dijangkau, dan alat-alatnya," ujar dia.

JAKARTA - Inisiatif PT Sidomuncul menggalang dana untuk penderita katarak terus meningkat. Iklan Sidomuncul yang mengajak masyarakat peduli kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News