Galanggang Arang 2023 jadi Kolaborasi untuk Pengelolaan WTBOS Sawahlunto

Galanggang Arang 2023 jadi Kolaborasi untuk Pengelolaan WTBOS Sawahlunto
Direktur Jenderal Kebudayaan (Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid mengatakan Galanggang Arang menjadi muara dari berbagai rangkaian kegiatan di Sumbar. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Kebudayaan (Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid mengatakan Galanggang Arang menjadi muara dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah disusun dan dilaksanakan.

Galanggang Arang adalah inisiatif kolaboratif antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan (Dit PPK), Direktorat Jenderal Kebudayaan, dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota Sumatera bersama komunitas seni budaya, tokoh adat ninik-mamak dan masyarakat.

Adapun kegiatan aktivasi dan penguatan ekosistem Warisan Tambang Batu Bara Ombilin-Sawahlunto (WTBOS) beserta jalur kereta apinya di Sumatera Barat 2023 telah selesai dengan digelarnya rangkaian acara penutupan pada, 14 Desember 2023 di Kota Solok.

"WTBOS dapat menjadi salah satu sumber inspirasi bagi partisipasi masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, dan komunitas untuk ikut terlibat dalam menjaga warisan dunia ini," katanya.

Menurut Hilmar, sembari menjaga warisan dunia WTBOS, seluruh masyarakat Indonesia dapat memanfaatkannya untuk kepentingan masa kini, baik secara ekonomi budaya, pendidikan, sosial budaya, dan peningkatan kualitas hidup.

Meski pun eksplorasi batu bara di Sawahlunto 2023 telah berhenti, tetapi WTBOS dapat mengaktivasi dan memberikan manfaat kembali dengan cara yang kreatif secara berkelanjutan.

"Menggali batu bara ada habisnya, menggali kebudayaan akan memperkaya,” tegasnya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menilai bahwa kegiatan Galanggang Arang mengambil peran penting, tidak hanya dalam rumusan dan tawaran bentuk pengelolaan, namun juga contoh praktik baik dalam aksi nyata.

Direktur Jenderal Kebudayaan (Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid mengatakan Galanggang Arang menjadi muara dari berbagai rangkaian kegiatan di Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News