Gali Potensi Kopi, Pemprov Bengkulu Gandeng Warkop Digital dan BI

Gali Potensi Kopi, Pemprov Bengkulu Gandeng Warkop Digital dan BI
Biji kopi. Foto dok LPEI

jpnn.com, BENGKULU - Bertepatan dengan momen Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2021, Warkop Digital menegaskan komitmennya untuk mengenalkan kopi Bengkulu melalui UMKM digital yang berakselarasi dengan Provinsi Bengkulu dan Bank Indonesia.

Warkop Digital adalah program wirausaha kedai kopi dengan pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran, percepatan akses, dan pelayanan informasi untuk membangun usaha mikro.

Warkop Digital juga bertujuan mempromosikan kopi Bengkulu di dalam negeri bahkan sekarang sampai ke mancanegara. Bengkulu sendiri dikenal sebagai penghasil kopi robusta nasional ketiga. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan mayoritas produksi kopi masih dilakukan secara tradisional sehingga banyak potensi yang bisa digali melalui UMKM.

"Sejak 2018 kita kita menggagas bagaimana pemasaran kopi Bengkulu melalui Warung Kopi Digital," ujar Rohidin Mersyah, menambahkan Warkop Digital saat ini sudah hadir di Malaysia bahkan sampai Kazakhstan.

Pada 2019 kopi Bengkulu mengikuti kompetisi kopi robusta internasional di Paris. Dengan meraih tiga buah medali, kopi Bengkulu dinobatkan sebagai kopi robusta terbaik di dunia dalam kontes AVPA France.

Bersama Bencoolen Coffee, perusahaan yang memasok kopi Bengkulu untuk Warkop Digital, Warkop Digital akan menjadi digital hub di setiap desa sekaligus untuk mempromosikan produk-produk desa.

"Warkop Digital menawarkan layanan digital untuk memperoleh pendapatan sekaligus membantu mempromosikan potensi-potensi di desa. Jadi Warkop Digital menawarkan dua traffic, dari produk lokal ke online dan produk lokal apa yang bisa dijual ke offline. Itulah kenapa ada digital hub bernama Warkop Digital," kata Dedi Yudianto, inisiator Warkop Digital, dalam acara Festival Rafflesia Menuju Ekonomi Baru (FRAME BARU) yang diadakan Bank Indonesia, 29 September 2021.

"Warung kopi sudah ada sejak zaman dahulu, tetapi di era digital ini kita ingin mengembangkan warung kopi dengan sentuhan digital. Warkop Digital menghubungkan informasi ke setiap pelosok desa sehingga masyarakat bisa mendapat manfaat bisnis online," tambahnya.

Bertepatan dengan momen Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2021, Warkop Digital menegaskan komitmennya untuk mengenalkan kopi Bengkulu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News