Gamawan Fauzi: Uni Puan Maharani Sah Orang Minang, Tetapi..

Gamawan Fauzi: Uni Puan Maharani Sah Orang Minang, Tetapi..
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi menyampaikan permintaan kepada Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani soal pernyataan 'semoga Sumbar menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila'.

Permintaan disampaikan tokoh bergelar Datuk Rajo Nan Sati kepada Puan yang dipanggilnya Uni, dalam program ILC Sumbar Belum Pancasilais yang ditayangkan Tv One, Selasa (8/9) malam.

Menurut Gamawan yang bergabung dalam program itu secara virtual, pernyataan yang disampaikan Puan pada 2 September 2020 itu memunculkan beragam reaksi dengan berbagai versinya.

"Saya ingin melihat persoalan ini dari sisi lain. Jadi tanpa emosi, tanpa menuduh, tanpa berpretensi negatif terhadap Mbak Puan. Saya berpikir positif seperti juga beberapa pembicara tadi," kata Gamawan mengawali pendapatnya.

Saat itu, sejumlah pembicara sudah memberi penjelasan.

Mulai elite PDIP Ahmad Basarah, politikus NasDem Irma Chaniago, Arteria Dahlan, Ustaz Abdul Somad dan lainnya.

"Kalaulah sejak awal diskusi ini atau pernyataan itu dikeluarkan, lalu Mbak Puan atau Uni Puan tanpa ada yang bicara yang lain menjelaskan apa maksud beliau dengan ucapan itu, saya kira tidak akan ada diskusi malam ini. Kalau (maksudnya) persis seperti disampaikan Adinda Arteria dan Pak Basarah," ucap Gamawan.

Sebab, katanya, orang Minang juga menafsirkan pernyataan Puan dengan berbagai penafsiran.

Mantan Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi sampaikan unek-uneknya soal Puan Maharani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News